SEJARAH

Keberadaan lembaga mahasiswa menjadi sangat penting apabila kita menyadari peran dan fungsi lembaga tersebut terkontribusi dalam mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas. Lembaga kemahasiswaan sebagai miniatur lembaga-lembaga kampus maupun masyarakat juga merupakan suatu wadah untuk melanjutkan cita-cita kemahasiswaan yaitu menjadikan seluruh kegiatan lembaga kemahasiswaan sebagai proses pengkaderan yang diharapkan akan menghasilkan manusia yang intelek, humanis, sosialis dan dinamis.

Salah satu unsur terpenting dalam perguruan tinggi adalah mahasiswa. Mahasiswa dalam melaksanakan proses akademik tidak terlepas dari pengaruh faktor internal. Faktor internal yang dimaksud adalah kondisi atmosfer akademik dalam kampus sedangkan untuk faktor eksternal sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial masyarakat, baik yang ada disekitar kampus maupun masyarakat secara keseluruhan.

Untuk mewadahi atau menfasilitasi kedua faktor tersebut mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika yang ada di kampus perlu suatu wadah dalam menjalankan aspirasinya, baik aspirasi untuk kepentingan mahasiswa itu sendiri maupun aspirasi masyarakat secara keseluruhan. Untuk itulah mahasiswa yang ada di lingkungan kampus perlu suatu wadah untuk menampung dan menjalankan aspirasi serta memenuhi potensi atau bakat yang ada pada mahasiswa, sehingga dibentuklah suatu wadah atau lembaga kemahasiswaan yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Selama masa 5 tahun kekosongan pemerintahan mahasiswa di tingkat Kampus Universitas Teknologi Sumbawa itu, pendirian Badan Eksekutif Mahasiswa diawali dengan pembentukan Komisi Pemilihan Umum dari hasil Kongres Mahasiswa.

Sebagai lembaga formal dan independent dalam kampus pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) diawali dengan dilakukannya kongres Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa yang dilaksanakan pada tanggal 23-27 April 2018 di kampus Universitas Teknologi Sumbawa.

Melalui kesepakatan Kongres Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa, terbentuklah Badan Eksekutif Mahasiswa yang ditandai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa tentang Pembentukan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknologi Sumbawa.