Mahasiswa merupakan peserta didik sebagai generasi penerus perjuangan bangsa yang perlu dibekali dengan kemampuan yang memadai, agar aset bangsa yang sangat potensial tersebut mampu bersaing dalam era global. Para mahasiswa diharapkan tidak hanya menguasai bidang ilmu yang ditekuni di kampus, tetapi juga mengusai bidang lain yang dapat menunjang keberhasilan mereka di masa depan.

Organisasi Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang beranggotakan mahasiswa aktif UTS  berperan banyak dalam menyiapkan pemimpin bangsa yang potensial, berakhlak dan berbudi pekerti baik. Keberhasilan sebuah organisasi, tidak terlepas dari keberhasilan manajemen organisasi, kredibilitas kepengurusan dan kreativitas yang dimiliki.

 

Dalam upaya mendukung dan mengarahkan kegiatan mahasiswa, UTS  berusaha mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut. Namun demikian perlu adanya pengontrolan dari semua civitas akedemik, karena kebijakan pembinaan kemahasiswaan merupakan bagian integral dari kebijakan akademik. Oleh karena itu dipandang perlu menyamakan persepsi dan motivasi semua civitas akademis yang berkenaan dengan organisasi kemahasiswaan dan kegiatannya.