Futsal saat ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini sangat popular, hal ini bisa terlihat dari tersedianya fasilitas futsal yang bersifat terbuka untuk umum maupun komersil. Dari seluru penjuru Nusantara, dari yang sudah berumur dewasa maupun remaja bahkan anak-anak pun sangat menggemari olahraga ini. Kaum pelajar maupun mahasiswa tidak kalah pula untuk meluangkan bakatnya dalam olahraga ini. Banyak hal positif yang bisa di dapatkan dalam berolahraga futsal seperti untuk menyehatkan tubuh, menjadi sarana silaturahim memperkuat ikatan persaudaraan, ajang berkreasi menyalurkan minat bakat dan hobi, ada pula ajang untuk meraih sebuah prestasi.

Dalam rangka mewadahi bakat hebat mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa di bidang olahraga khususnya futsal dan meningkatkan pembinaan futsal dengan mendidik dan melatih bakat-bakat hebat yang potensial, serta didorong oleh kesadaran akan tanggung jawab terhadap kemajuan dan peningkatan prestasi di tingkat Daerah, Wilayah maupun Nasional. Maka dari itu dibentuklah organisasi tersebut.  

Sejarah singkat awal terbentuknya UKM “UTS FC”  ini  dari banyaknya peminat futsal tetapi tidak ada wadah untuk menaungi hal tersebut, kemudian beberapa dari temen temen yang   memiliki satu tujuan mencoba untuk membentuk UKM “UTS FC” dan terbentuk pada tanggal 25 juli 2018 tapi belum di resmikan oleh warek 3. Kemudian terpilih Qiqi sebagai Ketua dan Syahdan sebagai Wakil Ketua UKM “UTS FC”, Barulah UKM “UTS FC” diresmikan oleh Pak Andi Tirta pada saat itu masih menjadi rektor Universitas Teknologi Sumbawa. Pada pertengahan tahun 2019 UKM “UTS FC” mengadakan suatu acara turnamen futsal yaitu UKM FAIR tingkat SMA dan FAKULTAS.

 

Struktur Organisasi

1)   DPO

2)   Pembina

3)   Ketua

4)   Wakil Ketua

5)   Sekretaris

6)   Bendahara

7)   Divisi pengembangan dan pelatihan

8)   Divisi humas

9)   Divisi komunikasi dan informasi

10) Divisi kewirausahaan